Minggu, 12 Juni 2016

Mengeksplorasi Ide

Mengeksplorasi Ide



Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh...
Ide sangat penting dalam kehidupan manusia. Karena ide merupakan suatu rancangan yang tersusun dalam pikiran seseorang. Begitupun halnya dalam kegiatan menulis. Menulis merupakan salah satu cara kita untuk mengaplikasikan ide yang kita tulis. Tanpa ide maka seseorang tidak memiliki bahan yang akan ia tulis.
Lalu bagaimana cara kita untuk mengeksplorasi ide ?? berikut ulasannya :

a)      Asalnya ide
Ide berasal dari pikiran kita, terhadap apa yang kita sengaja ataupun tidak sengaja kita amati. Ide bisa datang kapan saja, dimana saja dan melakukan akivitas apapun. Untuk itu, dalam menyimpan ide kita mencatatnya agar mudah diingat.

b)      Ciri Ide yang bagus
·         Belum pernah / jarang dibahas
Pembaca akan lebih tertarik jika apa yang ia baca itu terasa baru, dan jarang dibahas. Sehingga pembaca tidak merasa bosan atau jenuh terhadap apa yang mereka baca.

·         Memberi solusi
Pembaca mengaharapkan untuk mendapatkan sesuatu apa yang ia baca. Agar solusi- solusi yang ia dapatkan bisa diaplikasikan dalam kehidupannya.

·         Banyak dicari
Membuat tulisan yang banyak dicari orang, akan membuat tulisan yang kita buat pun banyak dibaca orang.

·         Positif
Ide yang baik tentunya ide yang tidak melanggar norma- norma yang berlaku. Untuk itu ide yang kita keluarkan harus bersifat positif tanpa memicu terjadinya konflik.

·         Unik
Hal- hal yang bersifat unik sangat menarik minat dan mudah untuk diingat orang. Namun untuk hal ini kita perlu adanya berusaha dan kerja keras.

c)       Mencari ide
·         Membaca
Membaca wajib bagi seorang penulis, karena membaca dapat menambah pengetahuan sehingga dapat memunculkan ide.

·         Jalan- jalan
Mengamati lingkungan sekitar kita dengan jalan- jalan ini akan memudahkan kita mencari ide, dan me- refresh kan kembali pikiran kita dalam membuat tulisan.

·         Menonton
Mengamati suatu peristiwa dalam sebuah film (menonton) akan banyak memunculkan ide yang dapat kita aplikasikan dalam sebuah tulisan .

·         Bertanya
Jika kesulitan dalam mencari ide sendiri, maka kita boleh bertanya kepada orang lain. Karena dengan bertanya kepada orang lain akan memudahkan kita dalam mencari ide yang kita butuhkan.

So, teman mari eksplorasikan ide mu dengan penjelasan- penjelasan yang telah dibahas tadi. Karena apapun bisa teman- teman jadikan sumber ide asalkan teliti terhadap apa yang dilihat dan sesuai dengan ketentuan- ketentuan diatas.
Semangat mencari ide !!!

By : Anara Green (R. T)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar