Senin, 13 Juni 2016

Kerangka Tulisan (Outline)



Kerangka Tulisan (Outline)


Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh..

Teman,.. dalam membuat sebuah tulisan, kita membutuhkan alur tulisan agar tulisan yang kita buat tidak “tersesat” atau menyimpang terhadap apa yang ingin kita sampaikan kepada pembaca. Untuk itu kita butuh untuk membuat kerangka tulisan atau “outline”. Hal ini akan membuat tulisan kita menjadi sitematis atau berurutan. Untuk lebih jelasknya baca lebih lanjut ya... :D

a)           Pengertian Outline
Outline atau kerangka tulisan merupakan langkah- langkah yang dapat kita pedomani dalam membuat sebuah tulisan. Ketika kita sudah menemukan sebuah ide, maka kita perlu mengembangkannya ke dalam kerangka tulisan. Hal ini mempermudah kerja kita membuat tulisan.

b)           Pentingnya Outline
Outline sangat penting dalam membuat sebuah tulisan. Sebagaimana yang telah dijelaskan tadi, bahwa outline akan membuat tulisan kita lebih terarah, teratur sistematis dan tujuan dari apa yang kita tulis tercapai dengan baik.

c)            Cara Menulis Outline
Dalam membuat outline yang kita butuhkan terlebih dahulu yaitu sebuah tema. Dari tema tersebut kita kembangkan lagi menjadi sebuah pokok pembahasan, dan pilih salah satu pokok pembahasan tersebut. Lalu buatlah judul sebuah tulisan, kemudian buat kerangka pembahasan apa yang ingin kita sampaikan kepada pembaca. Dengan berpedoman kepada outline ini maka akan mempermudah kita dalam menulis.

Jadi, teman,, outline merupakan cara yang dapat kita gunakan untuk mempermudah kita dalam membuat sebuah tulisan. Selamat mencoba...!! Selamat berkarya...!! dan Selamat menulis...!!

By : Anara Green (R. T)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar