Minggu, 12 Juni 2016

Beribadah Melalui Media Online



Beribadah Melalui Media Online


Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh,,,

Ibadah merupakan cara kita untuk mendekatkan diri kepada sang Khaliq, dan juga bentuk rasa ketaatan, bentuk rasa syukur kita kepada sang Khaliq. Ibadah banyak sekali bentuknya seperti shalat, puasa, zakat dan sebagainya. Dan disetiap aktivitas- aktivitas kita yang kitapun juga bisa bernilai ibadah asalkan  sesuai dengan Al- Qur’an dan sunnah serta mengharapkan keridhoan Allah.
Di zaman sekarang yang penuh dengan kecanggihan teknologi, banyak hal- hal yang perlu kita manfaatkan untuk beribadah kepada Allah. Salah satunya dengan menggunakan media online yang sudah tersebar saat sekarang ini, seperti facebook, WhatsApp, blog, BBM, line, twitter dan masih banyak lagi yang lainnya.

Lalu bagaimanakah cara kita menjadikan media online tersebut sebagai bentuk sarana ibadah kita kepada Allah, berikut ulasannya :

Menulis
Sebaiknya media online yang kita punya harus dimanfaatkan dengan maksimal. Salah satunya dengan menulis berupa kata- kata motivasi, mengajak kepada kebaikan (berdakwah) dan sebagainya. Tulislah sesuatu yang bermanfaat, bukan kata- kata negatif, kotor, mengeluh dan sebagainya. Selain itu, melalui tulisan kita juga dapat berdakwah. Berdakwah melalui media online dapat menggunakan facebook, twitter, blog dan media online lainnya.
Dakwah itu adalah kewajiban setiap muslim, jadi tidak ada alasan kita untuk berkata bahwasanya itu dakwah itu pekerjaan da’i atau ustadz saja. Apalagi saat ini banyak kemudahan- kemudahan yang kita dapatkan dengan media online tersebut seperti menyebar luas, dinamis dan sangat terjangkau untuk mendapatkan suatu informasi.
Kita dapat menyebarkan artikel- artikel tentang keislaman kepada orang- orang di dunia ini . Dapat kita lihat contohnya seperti ustadz Yusuf  Mansyur melalui website dakwahnya. Beliau berdakwah melalui tulisan yang ia share di media online, sehingga bisa dibaca oleh banyak orang berbagai kalangan. Begitupun dengan ustadz dan ustadzah lainnya. Mengingat, berdakwah melalui media online ini dapat diakses dengan mudah, kapan pun dan dimanapun (tidak terbatas oleh ruang dan waktu). Dan Insyaa Allah bernilai ibadah. :D

So, kenapa kita harus menulis di media online ?? yaitu untuk beribadah dan memanfaatkan media online yang kita punya. Perlu diingat pula, menulislah kalimat yang penuh manfaat, baik, dan sesuai Al- Qur’an dan Sunnah tentunya.
Semangat !!!

By : Anara Green (R. T)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar